SEOUL, Tim nasional Korea Selatan merilis seragam kandang anyar untuk Piala Dunia 2014 Brasil.
Seragam baru tersebut masih didominasi warna
merah dan
biru. Nike, selaku sponsor utama, terinspirasi perpaduan warna
Taegeuk, simbol yang berada di tengah bendera nasional untuk menggambarkan keseimbangan dan keharmonisan spirit negara.
Warna merah mendominasi bagian badan dan lengan seragam. Sementara itu, biru berada di bagian atas lengan dan pundak. Pada bagian celana, warna biru dominan masih menjadi andalan dengan dipadu kaus kaki merah.
Nike juga membuat identitas khusus dengan simbol
Tuhon, kaliografi tradisional Korsel yang menggambarkan "semangat berjuang" di bagian punggung dalam belakang leher. Simbol itu juga dinilai merepresentasikan kualitas dari sepak bola Korsel.
"Selain memberikan yang terbaik dalam inovasi dan kinerja terbaik khususnya dalam hal pendinginan, tujuan kami adalah untuk juga merayakan semangat dan kebanggaan masing-masing negara," ujar Direktur Nike Football, Martin Lori.
Teknologi seragam tetap menggunakan scan tubuh tiga dimensi dari setiap pemain Korsel agar dapat membentuk kesesuaian tubuh para pemain. Sedangkan, Nike Dri-Fit masih menjadi andalan untuk membantu kinerja meningkatkan kemampuan bernafas dan aliran udara di sepanjang kulit.
Selain itu, seragam itu juga dikombinasikan dengan "burnout" mesh dan laser cut di lubang ventilasi agar suhu tubuh para pemain bisa optimal. Gelandang Korsel, SungYueng Ki, pun berharap seragam tersebut bisa melecut semangat para pemain untuk meraih hasil maksimal di Brasil.
"Seragam Korsel terisi dengan aspirasi negara. Tahun ini di Brasil, dengan seragam yang mengeskpresikan keseimbangan Yin dan Yang, kami akan mencoba mencapai raihan tertinggi dalam panggung sepak bola terbesar," ujar SungYueng Ki.